SUMBER manfaat energi matahari diatas, bahwa sebaiknya manusia

SUMBERENERGI UTAMA DI DUNIA Sebelummembahas mengenai sumber energi utama di dunia, mari kita memahami terlebihdahulu apa yang disebut dengan energi. Energi adalah usaha yang dilakukan untukmelakukan sesuatu. Energi memang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang,namun kita sebagai makhluk hidup bisa merasakan dampak yang ditimbulkannya.

Adaberbagai macam sumber energi di bumi, seperti energi angin, energi air, energinuklir, energi kimia, energi matahari, energi gerak, energi bunyi, energicahaya, energi listik, dan lain sebagainya. Salah satu dari beberapa energitadi, ada yang sangat penting bagi bumi karna jika tidak ada energi tersebutmaka, kelangsungan hidup di bumi tidak akan berlangsung. Energi tersebut adalahenergi matahari. Energimatahari, berasal dari matahari.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

Seperti yang kita ketahui, matahari akan terusmenerus memancarkan cahaya nya ke bumi hingga hari kiamat tiba. Jika tidak adamatahari, maka kita tidak bisa melakukan aktivitas, energi matahari juga bisadiubah menjadi energi lain, seperti energi cahaya, energi listrik, energigerak, energi panas dan lainnya. Matahari menjadi energi utama dibumi, karenadiperkirakan energi matahari mempunyai waktu yang lebih lama untuk memberikankebutuhan konsumsi energi dunia sebesar 60% dan memberikan banyak manfaat.  Berikut beberapa manfaat energi matahari bagibumi:1.      Energimatahari tidak akan habis meskipun selalu dipakai berulang-ulang, tidak samadengan energi fosil yang sewaktu-waktu akan habis, jika dipakai berulang-ulang.2.      Energimatahari sangat membantu bagi kelangsungan hidup tumbuh-tumbuhan, karna jikatidak ada matahari tumbuhan tidak mampu berfotosintesis, jika tidakberfotosintesis maka tumbuhan akan mati.3.

      Energimatahari, sangat membantu manusia dalam kelangsungan hidup yakni memberikansuhu yang tepat bagi makhluk hidup.4.      Sinardari matahari juga bisa dimanfaatkan untuk pengeringan bagi manusia, baik itumengeringkan baju, ikan, tumbuhan dan lain sebagainya.5.      Bagitumbuhan juga bisa untuk membantu pertumbuhan kecambah.

6.      Panasyang terpancar dari matahari juga bisa membuat terjadi nya siklus hujan, angin,iklim, dan cuaca. Daripenjelasan beberapa manfaat energi matahari diatas, bahwa sebaiknya manusiayang ada di bumi lebih mengoptimalkan manfaat dari energi matahari tersebutdikarenakan masih banyak nya sumber energi matahari ini, sehingga kebutuhanmakhluk hidup akan energi matahari ini semakin terpenuhi. Pada hakikatnyapenggunaan energi matahari sudah lama digunakan diberbagai negara yangmempunyai energi panas bumi yang banyak, namun pemanfaatan ini belum dioptimal,dikarenakan alat yang digunakan masih belum mendukung dan pengelolaan nya belumoptimal. Indonesia termasuk salah satu negara yang mempunyai kandungan energimatahari yang banyak, Indonesia memanfaatkan energi matahari ini untuk tenagapembangkit listrik yang lebih tepat.

Tetapi meskipun begitu, pemanfaatan energimatahari di Indonesia sendiri masih jauh dari kata optimal, sehingga hasil yangdidapatkan pun sejalan, yaitu belum mampu memenuhi kebutuhan energi secarasempurna. Denganberbagai penjelesan diatas, tidak salah jika energi matahari disebut sebagaienergi utama didunia. Selain karena ketersediaannya yang masih sangat melimpah,mampu menjadi energi alternatif  sebagaipengganti energi fosil yang mulai terkikis sedikit demi sedikit kandungannyadidunia,dan juga karena manfaatnya bagi makhluk hidup yang ada di bumi sangatbanyak.

Diharapakan, dengan begitu manusia lebih mengoptimalkan pemanfaatanenergi matahari tersebut, agar bisa memenuhi segala kebutuhan energi matahariyang semakin hari semakin meningkat penggunaanya.

x

Hi!
I'm Mary!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out