Nama

Nama: Aditya Rizky A
NPM: 1806146436
Bab: Rangkuman BAGIAN 1
Pengembangan Karakter.

Karakter saat ini merupakan persoalan yang sangat pada kehidupan saat ini. Sebagai seorang mahasiswa diperlukan pengembangaan karakter yang sesuai dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang berlandaskan asas Pancasila dan UUD 1945. Mahasiswa Universitas Indonesia di harapkan dapat mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai dasar Universitas Indonesia. Hal tersebut sangat penting agar kita sebagaai mahasiswa Indonesia dapat menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi dengan baik.

Filsafat.

Filsafat merupakan salah satu ilmu yang dapat berpikir secara kritis. Dalam filsafat sendiri, kita dituntut untuk berpikir kritis terhadap persoalan yang ada. Bukan hanya berpikir kritis saja, kita juga harus mampu berpikir secara analisis, logis, dan sistematis dalam mengumpulkan beberbagai informasi dan pengetahuan yang ada. Seperti saat ini, kita di hebohkan dengan kasus hoaks Ratna Sarumpaet, hal ini membuktikan jika kita sangat ditutut unutk dapat berpikir secara filosofis agar tidak terjebak dengan kesesatan di era derasnya arus pengetahuan dan informasi.

Logika.

Logika adalah salah satu cabang ilmu dalam filsafat. Logika itu sendiri, digunakan untuk dapat membedakan antara penalaran yang tepat dengan penalaran yang tidak tepat. Untuk dapat mempertajam logika kita, tidak hanya membaca sebuah teori saja tetapi harus memiliki dasar berpikir secara filosofis yang kuat terlebih dahulu. Seorang mahasiswa diharuskan memiliki logika yang kuat agar dapat berpikir secara kritis dan tidak terjebak dalam penalaran yang keliru.

Etika.

Kekayaan seorang ilmuwan terletak pada ilmunya, keindahan seorang ilmuwan terletak pada etikanya. Etika dan ilmu pengetahuan bagaikan dua sisi mata uang. Dalam etika, kita belajar bagaimana kita dapat memahami kaidah etika, seperti misalnya hati nurani, nilai moral, kebebasan dan tanggung jawab, serta hak dan kewajiban. Kaidah-kaidah tersebut merupakan sebuah petunjuk untuk seseorang dalam bertindak baik dilingkungan sehari-harinya maupun dalam dunia akademik.
Kesimpulan.

Sebagai mahasiswa Universitas Indonesia kita wajib mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Tridharma Perguruan tinggi, dan nilai-nilai dasar Universitas Indonesia. Kita juga dapat berpikir secara kritis dan memiliki logika yang kuat agar tidak terjebak dalam kesesatan di era saat ini. Selain itu, kita wajib menjujung tinggi etika di kehidupan sehari-hari dan di dunia akademik.

Referensi
Meliono, Irmayanti dan Fristian Hadinata. 2017. Buku Ajar 1 MPKT A Universitas Indonesia: Bagian I: Jati Diriku sebagai Cendekia: Karakter, Filsafat, Logika, Etika; Depok, Universitas Indonesia.