KONTRA mengurangi penggunaan plastik dan memperbaiki dampak buruk

KONTRA PENERAPAN KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR  Bab IPENDAHULUAN 1.

1. Latar BelakangPentingnyadalam menjaga dan meningkatkan kelestarian lingkungan hidup merupakan hal yangwajar atau wajib dilakukan bagi masyarakat di manapun berada. Karena dapatdiungkapkan akan adanya kekhawatiran besar kemungkinan terjadi bencanalingkungan hidup yang mengancam dan keadaan alam yang semakin tidak menentuakhir-akhir ini bisa merupakan petanda dari fenomena yang sering kita lihat dikawasan industri atau di kota-kota besar yaitu fenomena pemanasan global (GlobalWarming ). Berdasarkan fenomena yang terjadi maka hal ini perlu ditingkatkanpentingnya kesadaran masyarakat dalam melakukan pelestarian lingkunganbersama-sama yang dimulai dari hal yang paling kecil seperti gerakan membuangsampah pada tmpatnya atau membuang sampah sesuai dengan jenisnya, menghentikanpenebangan liar, mengurangi pemakaian bahan yang sulit diuraikan. Maka dari itudibutuhkan suatu kontribusi yng semangat dari masyarakat tersendiri untukbersama-sama mengurangi faktor-faktor yang mengakibatkan pemanasan globalseperti pengurangan penggunaan kantong plastik.1.

We Will Write a Custom Essay Specifically
For You For Only $13.90/page!


order now

2.Tujuan     1.     Mengetahui apadampak atas penggunaan kantong plastik berbayar terhadap lingkungan2.     Mengetahui keefektifanpenerapan kebijakan kantong plastik berbayar dalam masyarakat dan lingkungan1.3.Pertanyaan 1.     Apakah pemerintahsudah mampu meminimalkan pengurangan sampah dengan penerapan kebijakan plastikberbayar ?2.

     Bagaimanatanggapan msyarakat dengan adanya kebijakan penerapan plastik beerbayar di minimarket atau pasar tradisional ?3.     Apakah masyarakattahu tentang kebijakan penerapan plastik berbayar akan menambah volume sampahatau mengurangi volume sampah yang ditimbulkan ? Bab II 2.1. IsiSekitar satu tahun lalu, mengingatadanya kebijakan mengenai plastik berbayar yang telah resmi diberlakukan olehpemerintah.

Setiap masyarakat yang berbelanja di pasar swalayan atau minimarket wajib dikenakan Rp200,00 per kantong plastik. Menurut pemerintah, adanyakebijakan ini diterapkan untuk mampu mengurangi penggunaan plastik danmemperbaiki dampak buruk limbah plastik terhadap lingkungan. Tetapi dalampenerapan kebijakan ini cukup membingungkan masyarakat yang harus menambahbiaya pembayaran dan pemikiran masyarakat pun akan cenderung berorientasi padaekonomi. Seharusnya pemerintah lebih rinci dalam menjelaskan kebijakanpenerapan plastik berbayar dan menginformasikan dampak buruk akibat penambahansampah yang dapat menghasilkan emisi gas atau gas CO2 terutamaberdampak bagi masyarakat itu sendiri agar masyarakat sadar tentang pentingnyamenjaga lingkungan dan melestraikannya. Dalam kebijakan plastik berbayar inimenurut saya kurang efektif atau belum tepat, seperti yang kita ketahuipemisahan sampah di TPA(tempat pembuangan akhir)masih bercampur aduk antarasampah plastik, organik dan anorganik meski pun sudah disediakantempatnya(terdapat nama jenis sampah). Kebijakan plastik berbayar ini tak bisamenyelesaikan permasalahan samapah plastik yang justru membuka peluangpenyelewangan dana dari kantong plastik berbayar yang tidak jelas kemana aliranuangnya untuk kontribusi pengganti plastik. Maka dari itu, pemerintahmenghimbau masyarakat untuk lebih menggunakan bahan seadanya di rumah yangramah lingkungan untuk pengganti kantong plastik jika ingin berbelanja atau halyang lainnya karena sampah plastik sangat sulit untuk diuraikan atau daurulang.

 Bab IIIPENUTUP 3.1. Simpulan Dalamkebijakan penerapan sampah plastik berbayar yang sistemnya dilakukan di pasartradisional atau pasar modern menuai ketidakjelasan aliran dana yang diperolehakan mengakibatkan penyalahgunaan dana tersebut, dan masyarakat pun kurangbegitu jelas pemahaman tentang adanya penerapan kebijakan plastik berbayar dipasar-pasar yang ada oleh pemerintah. Penerapan kebijakan ini pun dinilaikurang efektif untuk dampak ke lingkungan kedepannya, karena belum mampusebisanya mengurangi volume sampah yang terus menumpuk di TPA.3.

2. Saran  Saran saya dalan penerapan kebijakan kantongplastik  berbayar ini seharusnya lebihdiperjelas lagi dalam sosialisasi ke masayarakat agar masyarakat tahu pentingatau tidak kebijkan ini dan apakah berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat3.3. SolusiMenurut saya, solusi untuk penerapan kebijakan plastikberbayar ini dengan menghimabau massyarakat atau diri kita sendiri untukmenggunakan barang yang ada di rumah seperti membawa tas tothe bag bisa jugadengan keranjang, jika kita menggunakan itu pasti tidak akan langsung dibuangkarena barang itu masih dapat digunakan,  berbeda dengan kantong plastik meskipun ituberbayar atau tidak pasti langsung dibuang karena masyarakat berfikir plastikitu tidak berguna lagi setelah dipakai sekali dan itu pun akan menambah jumlahvolume sampah. 

x

Hi!
I'm Mary!

Would you like to get a custom essay? How about receiving a customized one?

Check it out